Ayah-Ibu, Mari Perbaiki Diri Kita

Ayah-Ibu, Mari Perbaiki Diri Kita

Termasuk kesalahan yang sering terjadi di kalangan orang tua adalah mereka menginginkan kebaikan bagi anak-anak mereka, akan tetapi mereka sendiri tidak berusaha memperbaiki diri mereka.

โšก Mereka ingin anaknya menjadi penghafal Al-Quran, tapi mereka sendiri lalai dari membaca Al-Quran!

๐Ÿ”ฅ Mereka ingin anaknya shalat tepat waktu berjamaah di masjid, tapi bapaknya sendiri lebih suka bermalas-malasan ketika adzan memanggil!

๐Ÿ’ฅ Mereka ingin anaknya menjadi seorang shalih dan berilmu, tapi kedua orang tuanya tidak punya semangat untuk belajar agama!

๐Ÿ‘‰ Hendaknya mereka ingat dengan teguran Allah Subhanahu wa Taโ€™ala di dalam Al-Quran,

ุฃูŽุชูŽุฃู’ู…ูุฑููˆู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณูŽ ุจูุงู„ู’ุจูุฑูู‘ ูˆูŽุชูŽู†ู’ุณูŽูˆู’ู†ูŽ ุฃูŽู†ู’ููุณูŽูƒูู…ู’ ูˆูŽุฃูŽู†ู’ุชูู…ู’ ุชูŽุชู’ู„ููˆู†ูŽ ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจูŽ ุฃูŽููŽู„ุง ุชูŽุนู’ู‚ูู„ููˆู†ูŽ (ูคูค)

โ€œMengapa kalian memerintahkan orang lain (mengerjakan) kebaikan, sedang kalian melupakan diri kalian sendiri, padahal kalian membaca Al Kitab? Maka tidaklah kalian berpikir?โ€ (Al Baqarah: 44)

๐Ÿ‘‰ Al Fudhail bin โ€˜Iyad rahimahullah mengatakan bahwa Malik bin Diinar rahimahullah pernah melihat seorang laki-laki yang jelek shalatnya.

Beliau lalu mengatakan, โ€œKasihan sekali keluarganya!โ€ Ada yang kemudian bertanya, โ€œWahai Abu Yahya (panggilan Malik bin Diinar), dia yang jelek shalatnya akan tetapi mengapa engkau kasihan terhadap keluarganya?!โ€

Malik bin Diinar mengatakan, โ€œDia ini adalah orang tua (panutan) bagi mereka, dari dia keluarganya belajar (meniru).โ€ (Al Hilyah, 2/383)

Apabila orang tua memberikan contoh yang baik dan benar kepada anak-anak, insya Allah mereka akan meniru perkara yang baik dan benar pula.

Namun sebaliknya ketika orang tua tidak mau menuntut ilmu dan memperbaiki diri mereka, dikhawatirkan mereka akan menjadi contoh yang buruk bagi anak-anak mereka.
Wallahu aโ€™lam bisshawab.

#SharingWithBungaErlitaย #YourSisterBunga

Yuk siapkan anak kita menjadi generasi pembela Islam!

Dapatkan notifikasi artikel terbaru Syi'ir Blog melalui email Anda! Daftarkan email Anda di sini.