9 Cara Mengajarkan Anak Berpuasa yang Ampuh

cara mengajarkan anak berpuasa

Pada bulan suci Ramadhan, seluruh muslim yang sudah baligh dan tidak berhalangan diwajibkan berpuasa.

Bagi muslim yang belum baligh, tidak diwajibkan berpuasa.

Namun mereka juga harus belajar dan membiasakan diri dalam berpuasa.

Mengajari anak berpuasa bukanlah hal yang mudah namun harus dilakukan, maka berikut ini adalah beberapa cara mengajarkan anak berpuasa yang ampuh sehingga anak mau dan senang berpuasa:

1. Ajarkan Mengenai Rukun Islam dan Cara Mengamalkannya

cara mengajari anak puasa

Pertama-tama hal yang harus Anda lakukan adalah menanamkan agama terhadap anak Anda. Salah satu yang paling penting adalah mengajarkan anak Anda mengenai rukun Islam.

Puasa adalah salah satu dari rukun iman agama Islam.

Selain itu, Anda juga boleh mengajari mengenai hikmah dari berpuasa kepada anak Anda sehingga ia mengerti bahwa puasa memberikan pengaruh positif dan sangatlah bermanfaat.

2. Kenalkan Anak dengan Tradisi Ramadhan

cara melatih anak berpuasa

Selanjutnya hal yang harus dilakukan, tentunya adalah mengenalkan anak pada Ramadhan, dan bagaimana tradisinya, apa yang harus dilakukan, dan sebagainya.

Hal ini dilakukan karena puasa yang wajib merupakan pada bulan suci Ramadhan, sehingga ia juga harus tau dari mana asal puasa yang ia pelajari tersebut.

3. Kenalkan Hikmah Puasa Melalui Lagu Anak

mengajarkan anak puasa sejak dini

Lagu-lagu anak banyak yang bertemakan kebaikan, ada pula yang bertemakan puasa. Melalui lagu, Anda dapat mengenalkan anak Anda mengenai hikmah puasa.

Selain menyenangkan, pembelajaran mengenai lagu juga akan membantu anak untuk mudah mengingat sehingga ia tidak akan mudah lupa dan terbayang-bayang terus di kepalanya.

4. Jangan Paksa untuk Langsung Berpuasa Penuh, Bila Memang Belum Bisa

tips mengajarkan anak puasa

Kesehatan anak tentunya akan lebih sensitif dari pada kesehatan orang dewasa. Maka dari itu, pembelajaran puasa pun lebih baik dilakukan bertahap, tidak langsung dilaksanakan puasa dua belas jam. Karena bagi anak yang sudah terbiasa makan tiga kali sehari, berpuasa setengah hari saja akan terasa berat.

Janganlah memaksa anak Anda untuk langsung berpuasa penuh, karena hanya akan membuat anak menjadi tidak nyaman dan terpaksa. Kecuali kalau memang sudah dikondisikan, sehingga dia siap dan dia sendiri yang ingin.

5. Ajak Puasa Jenis Makanan Tertentu

mendidik anak berpuasa

Bila belajar puasa diawali dengan puasa setengah hari masih dirasa terlalu berat, Anda dapat melakukan strategi yang lain. Strategi tersebut adalah mengajak anak untuk puasa jenis makanan tertentu, kalau bisa makanan yang mereka suka sehingga mereka tau bagaimana menahan lapar dan menahan nafsu. Misalnya adalah puasa memakan biskuit selama seminggu atau sebulan.

6. Berikan Reward Saat Berhasil Puasa

cara mengajarkan anak puasa

Apabila anak Anda diberi reward atas suatu hal yang telah ia lakukan dan korbankan, tentunya reward tersebut akan sangat berharga dan ditunggu-tunggu.

Dengan memberikan reward saat anak sedang belajar puasa, anak akan menjadi lebih semangat dalam berjuang.

Memang reward bukanlah segalanya, namun dapat sangat membantu meningkatkan semangat dalam berpuasa.

7. Siapkan Makanan Sahur dan Berbuka yang Spesial dan Bergizi

melatih anak berpuasa

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan adalah menyiapkan makanan sahur dan berbuka yang spesial dan bergizi. Makanan yang spesial dibutuhkan agar anak tidak merasa bosan, dan meningkatkan semangat puasa karena ia tahu ada makanan spesial di rumah yang akan menyambut bulan puasa.

Selain itu, makanan yang bergizi juga akan membantu anak dalam berpuasa. Gizi yang seimbang akan membuat anak kuat dan tidak merasakan lapar berlebih. Bukan hanya itu, makanan bergizi juga akan menjaga anak dari kemungkinan sakit ketika mulai belajar berpuasa.

8. Membuat Suasana Puasa yang Menyenangkan

cara mengajari anak berpuasa

Selain kesadaran dan keinginan anak untuk berpuasa, suasana juga merupakan salah satu pengaruh dalam mengajarkan anak berpuasa. Suasana yang dibuat oleh ayah dan ibu dari sang anak ketika sedang berpuasa, akan memberikan efek yang baik yaitu keinginan keterlibatan berpuasa dari sang anak.

Maka dari itu, ayah dan ibu sang anak harus membuat suasana puasa menyenangkan. Contohnya adalah seperti menyiapkajn hidangan spesial setiap sahur dan berbuka, berpuasa dengan suka cita, memperbanyak ibadah, dan sebagainya. Selain itu juga sahurlah dalam keadaan tenang dan tak terburu-buru sehingga anak merasa bahwa puasa sangat menyenangkan.

9. Bersikaplah Tegas

melatih anak berpuasa menurut islam

Dalam mengajarkan anak mengenai ibadah dan agama, tentunya harus menggunakan cara yang tegas agar sang anak pun belajar untuk disiplin.

Namun tegas yang digaris bawahi disini bukanlah memaksa, namun haruslah disiplin. Dari sikap tegas dan disiplin yang diajarkan orang tuanya tersebutlah, sang anak akan terbiasa dalam kedisiplinan sehingga sangat membantu dirinya sendiri.

Salah satu sikap tegas yang dapat Anda aplikasikan ketika mengajarkan anak puasa adalah ketika sahur.

Pertama-tama, Anda harus membangunkan anak Anda ketika sudah waktunya sahur, lalu harus berhenti makan ketika imsak.

Buatlah contoh-contoh baik yang dapat memberikan pengaruh baik pula kepada anak-anak, hal tersebut akan memaksimalkan cara mengajarkan anak berpuasa.

YUK USAHAKAN ANAK KITA MENJADI SHOLEH & SEHAT, DAMBAAN KELUARGA & PERADABAN! 😊

Dapatkanlah konten-konten ilmu parenting Islami melalui email Anda!

Daftarkan email Anda pada Newsletter Syi’ir!