7 Cara Mengatasi Anak Pilek Berkepanjangan

Cara Mengatasi Anak Pilek Berkepanjangan

Pilek merupakan sebuah infeksi yang disebabkan oleh sebuah virus yang terjadi pada saluran pernapasan manusia.

Pilek sendiri bisa datang secara tiba-tiba dan biasanya akan berlangsung selama 7-10 hari.

Penyakit ini sebenarnya juga bisa hilang atau sembuh begitu saja tanpa harus diobati, dan ada juga yang yang harus diobati menggunakan obat-obatan alami atau  dari obat resep dokter. Kebanyakan kasus penyakit pilek pada umumnya bisa sembuh secara sepenuhnya.

Namun bagi sebagian orang, terutama untuk orang tua, balita atau anak, hingga seseorang yang memiliki daya tahan tubuh yang sangat lemah; gejala penyakit pilek ini bisa menjadi lebih parah dan bahkan dapat mengakibatkan sebuah kematian karena komplikasinya.

Nah, untuk mencegah pilek yang berbahaya terutama pada anak Anda, maka berikut ini adalah cara mengatasi anak pilek berkepanjangan yang mesti ada simak, agar insyaAllah tidak timbul hal yang tidak diinginkan.

1. Memberi air putih hangat

Jika anak Anda sudah mengalami pilek dalam waktu yang cukup lama atau lebih dari 7 hari, maka yang harus segara Anda lakukan adalah dengan memberikan banyak cairan pada tubuhnya dan salah satu tindakan yang tepat adalah dengan air putih hangat.

Dengan air hangat, maka akan bisa mudah untuk menghilangkan virus yang menumpuk pada sebagian tenggorokan dan juga pada hidung anak.

Air putih yang hangat ini juga bisa mencegah untuk dehidrasi saat terkena pilek, karena tubuh anak akan mengeluarkan banyak cairan dari hidung berupa ingus dan keringat yang keluar dari tubuh.

2. Melakukan pijatan pada anak

Dengan melakukan pijatan kecil, maka hal ini akan bisa merangsang pembuluh darah agar darah menjadi lebih rileks.

Keadaan tubuh yang rileks akan membuat aliran darah yang lebih lancar, hal lain juga sangat baik untuk bisa melawan infeksi di dalam tubuh.

Pijatan juga akan bisa mengatasi pilek yang diakibatkan oleh kelelahan dan mudah lelah.

Maka dari itu, cobalah Anda sebagai orang tua untuk melakukan pijatan kecil kepada seorang anak bisa dengan minyak minyak telon atau minyak sereh agar bisa mendapatkan suhu yang hangat.

Atau bisa juga menggunakan Cough & Flu Relief Syiir Essenntial Oil dan dicampur dengan Virgin Coconut Oil Syiir sebagai bahan pijatan.

essential oil untuk batuk pilek bayi

Alhamdulillah sudah banyak yang merasakan khasiat ramuan essential oil tersebut.

3. Jahe dan madu

Salah satu upaya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi anak yang pilek dalam waktu yang sudah lama berkepanjangan maka Anda juga bisa mencoba untuk memberikannya secangkir teh jahe dan madu.

Umumnya ramuan ini sering juga di konsumsi oleh orang dewasa untuk menghangatkan badan.

Namun tahukah Anda, bahwa minuman ini juga sangat baik jika di konsumsi oleh seorang anak? Apalagi jika dalam kondisi sakit.

Cara membuatnya juga cukup mudah, Anda tinggal menggunakan jahe asli alami yang akan mudah didapatkan di warung-warung terdekat.

Sebaiknya konsumsi minuman jahe ini sewaktu masih hangat, agar tubuh anak Anda dapat merasakan efek kehangatannya, untuk menghilangkan kuman penyebab flu.

4. Menjemur kasur

Salah satu penyebab anak Anda mengalami pilek yang berkepanjangan karena terdapat mikroba tertentu pada tempat yang selalu dipakai untuk tidur, terutama pada kasurnya.

Kasur yang jarang dijemur, maka sudah dipastikan akan sangat lembab karena dipakai terus menerus dan juga jarang terkena paparan sinar matahari.

Dengan menjemur kasur yang digunakan untuk tidur anak, maka insyaAllah akan membuat kasur tersebut lebih bersih. Hal ini juga kalau digunakan tidur anak akan lebih sehat.

5. Menghirup uap panas

Salah satu pilihan terbaik yang digunakan untuk meredakan pilek yang berkepanjangan adalah dengan cara menghirup uap dari air panas.

Anda juga bisa menambahkan air panas tersebut dengan tetesan minyak tumbuhan herbal, seperti minyak kayu putih atau bahkan jenis minyak hangat lainnya.

Alasan penambahan minyak hangat pada air panas ini, yaitu untuk membuat hidung yang sedang pilek akan menjadi cepat lebih lega.

6. Makan sup ayam atau kari

Saat seseorang memakan sup ayam yang hangat, maka hidung juga secara langsung akan menghirup uap aromatik, hal ini yang membuat hidung menjadi lebih lega.

Sup ayam juga dapat membuat tubuh anak terhindar dari dehidrasi dan memberikan rasa kenyamanan pada tubuh.

Daging ayam juga memiliki sifat anti-virus yang sangat baik apalagi jika anak mengkonsumsi kulitnya tertinggal, beberapa komponen sup ayam juga bisa menghambat migrasi neutrofil, yang memungkinkan memiliki anti-virus.

Jadi dengan memberikannya sup ayam saat anak sedang pilek maka akan sangat tepat sekali, dan sangat dianjurkan agar pilek pada anak bisa cepat sembuh.

7. Mengajak anak bersenang-senang

Jika anak Anda masih mengalami pilek maka ajaklah anak Anda untuk bersenang-senang. Karena ini dapat membuat anak lebih rileks, dan bisa membuat imunitasnya terus meningkat.

Anda bisa untuk mengajaknya berjalan-jalan ke tempat yang memiliki udara yang segar dan sejuk, bisa juga ke taman, gunung dan tempat lainnya, yang bisa membuat anak Anda lebih rileks pikiran maupun kondisi tubuhnya.