6 Cara Menidurkan Bayi yang Rewel dan Susah Tidur

cara menidurkan bayi yang rewel dan susah tidur

Biasanya bayi akan yang rewel karena kondisi tubuhnya terlalu lelah dan akan mengakibatkan bayi sulit tidur di malam hari, hal seperti ini lah yang kadang membuat orang tua bayi akan begadang semalaman untuk terus bisa menjaga buah hatinya.

Tidak hanya itu, orang tua juga kadang bisa terpancing untuk kesal dan emosi karena harus terus menenangkan bayi agar bisa tidur nyenyak. Nah, agar kejadian tersebut tidak menimpa kepada Anda maka berikut adalah cara menidurkan bayi yang rewel dan susah tidur.

1. Memberikan ASI kepada bayi

Air Susu Ibu (ASI) merupakan sebuah formula yang bisa dijadikan sebuah minuman yang sangat dinikmati oleh seorang bayi. Karena pada umumnya bayi akan rewel dan sulit tidur karena lapar.

Ketika bayi mulai lapar maka akan memunculkan tanda-tanda yang di antaranya yaitu gelisah, menggerak-gerakkan bibir hingga mengisap jarinya. Dengan mempelajari tanda-tanda bayi yang mulai lapar akan dapat membantu orang tua saat memenuhi kebutuhan bayi akan zat gizi.

2. Menggendong sang bayi

Jika sang bayi terus saja rewel dan menangis terus, terkadang hal yang sepele bisa Anda lakukan agar bisa menenangkannya. Hal tersebut adalah dengan menggendong dan mengayun-ayunkannya dengan pelan.

Cara seperti ini memang sangat efektif untuk dilakukan untuk sang bayi yang susah tidur karena tempatnya kurang nyaman. Karena dengan menggendongnya maka bayi Anda akan merasakan kehangatan dari tubuh Anda. Kehangatan tubuh itulah yang sebenarnya sangat dibutuhkan oleh bayi agar nyaman saat tidur.

solusi alami redakan batuk pilek anak tanpa antibitoik

3. Menepuk pantat bayi

Salah satu cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menepuk-tepuk pantat bayi. Hal ini bisa Anda lakukan saat Anda menggendongnya atau bahkan pada saat posisi di atas kasur.

Dengan menepuk bagian pantat maka akan dirasakan sebagai pijatan yang nyaman untuk proses tidur lebih cepat, akan tetapi jika malah bayi tambah rewel saat di tepuk pantatnya maka sebaiknya gunakan cara lain dan jangan dilanjutkan, karena tidak semua bagi menyukai hal ini.

4. Mengganti popok

Salah satu penyebab yang kadang membuat bayi susah tidur terkadang karena popok yang digunakan sudah kotor karena telah buang air kecil maupun air besar.

Hal seperti inilah yang menyebabkan kulit bayi akan menjadi sakit, tidak nyaman bahkan panas.

Oleh karena itu jika popok bayi sudah terkena air kencing maupun kotoran segeralah untuk menggantinya, dan tidak lupa untuk menggunakan jenis popok yang nyaman digunakan sang bayi.

5. Memperhatikan Suhu Ruangan

Terkadang orang tua malah justru melupakan suhu ruangan yang tidak nyaman, karena mungkin terlalu panas ataupun terlalu dingin.

Jika orang dewasa saja akan tidak mudah tidur nyenyak karena suhu udaranya apalagi sang bayi yang masih sangat sensitif dengan keadaan sekitar.

Oleh karena itu, sebagai orang tua harus pintar pintar untuk menjaga suhu atau ke-lembaban udara di sekeliling ruangan agar tetap nyaman.

6. Membiasakan tidur siang

Dengan membiasakan seorang bayi tidur siang maka hal tersebut akan memberikan waktu istirahat yang cukup dari bayi dan juga membuat bayi tidak merasa terlalu lelah, hal ini juga pastinya akan berdampak pada kualitas tidur bayi pada waktu malam.

Ketika bayi memiliki waktu tidur yang cukup, maka mereka akan memiliki pertumbuhan otot dan sistem saraf yang bisa terjadi dengan cepat dan baik. Jadi waktu tidur yang cukup akan membuat semua dari bagian organ bayi akan tetap sehat.

solusi menyenangkan atasi anak susah tidur