11 Cara Meningkatkan Kesuburan Pria, InsyaAllah Ampuh

cara meningkatkan kesuburan pria

Kasihan juga istri-istrinya sebagian dari kita. Tatkala tak kunjung hamil, dia kerap menjadi bahan gunjingan. Hingga bahkan ia menjadi stress.

Padahal, yang namanya penyebab susah hamil itu, kan tidak selalu faktornya dari pihak wanita. Bisa saja dari pihak pria juga. Tidak sedikit, sebenarnya sang istri normal-normal saja kesehatannya, hormonnya, kandungannya, dan sebagainya. Namun, problemnya ada di sang suami yang kurang subur.

Nah, maka dari itu, Anda sebagai suami, ada baiknya berusaha untuk senantiasa menjaga maupun meningkatkan kesuburan Anda agar insyaAllah istri Anda bisa hamil.

Setidaknya, ada 11 cara yang bisa Anda lakukan. Berikut ini dia.

1. Turunkan berat badan agar ideal, jangan sampai terlalu berlebihan (obesitas) ataupun terlalu kekurusan

Berat badan yang berlebihan itu, artinya banyak lemak di dalam tubuh. Jika terlalu banyak lemak di dalam tubuh, maka dapat mengganggu hormon reproduksi. Sehingga, kualitas dan kuantitas sperma pun semakin jauh dari ideal.

Maka dari itu, cobalah untuk menghilangkan lemak berlebihan tersebut dalam tubuh, agar insyaAllah berat badan ideal. Silahkan ubah gaya hidup, lakukan program diet dan rutin olahraga.

2. Cukupi nutrisi Anda: seperti antioksidan; vitamin A, C, D, E dan B12; zinc; koenzim Q10; glutathione, asam folat, dan asam lemak Omega-3

Iya, pastikan Anda cukup mengkonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi baik bagi kesuburan Anda.

Beberapa yang Anda butuhkan adalah:

  • Antioksidan
  • Asam folat
  • Asam lemak
  • Glutathione
  • Omega 3
  • Protein, tapi  usahakan yang minim atau tanpa lemak
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin D
  • Vitamin E
  • Vitamin B12
  • Zinc (Seng)
  • Koenzim Q10

Untuk lebih detailnya, apa saja contoh makanan dan minuman yang mengandung nutrisi tersebut, sudah pernah kita bahas pada artikel 32 Makanan untuk Kesuburan Pria. Silahkan Anda baca lagi, atau bagi Anda yang belum pernah membacanya.

Nutrisi-nutrsisi tersebut diperlukan untuk kesehatan reproduksi pria, khususnya terkait meningkatkan kesuburan sperma.

3. Pastikan cukup melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, agar peredaran darah senantiasa lancar, jangan biarkan kebanyakan duduk dan tidur saja

Salah satu kondisi berbahaya yang kemudian menjadi masalah dan bisa mengakibatkan banyak penyakit adalah, tidak lancarnya peredaran darah.

Mulai dari yang sederhana seperti kurang konsentrasi, sering ngantuk, pegal-pegal, hingga yang lumayan serius seperti diabetes, kolesterol, stroke, dan lain-lainnya. Semua itu, terdapat masalah tidak lancarnya peredaran darah.

Nah, sama halnya terkait kesuburan pria. Bisa jadi, salah satu kondisi yang membuat demikian adalah, tidak lancarnya peredaran darah ke alat vital.

Terus, yang bikin peredaran darah nggak lancar itu apa? Biasanya:

  • Terlalu banyak makan gula.
  • Terlalu banyak makan lemak jenuh.
  • Kurang aktivitas fisik, termasuk olahraga. Kebanyakan duduk dan tidur melulu.

Nah, maka dari itu, bila selama ini Anda memang kurang aktivitas fisik dan olahraga, sekarang cobalah untuk lebih rajin melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga. Mungkin bisa mulai dari rutin jogging, bila sebelumnya Anda jarang jogging.

Atau Anda bisa coba search di YouTube terkait beberapa olahraga ringan dan singkat khususnya bagi Anda yang barangkali agak sibuk.

4. Kurangi merokok, lebih bagus lagi kalau berhenti

Tembakau, termasuk asapnya rokok, dapat mengurangi jumlah sperma.

Bila Anda merupakan perokok berat, berusahalah untuk mulai menguranginya. Lebih bagus lagi kalau bisa berhenti selamanya.

Namun perlu diperhatikan pula, bukan hanya perokok aktif yang dapat berkurang jumlah spermanya, melainkan juga yang bukan perokok pun tetapi terlalu sering dan banyak terkena asap rokok, juga berpotensi semakin berkurang spermanya. Bila Anda termasuk yang demikian, cobalah untuk menghindari tempat-tempat yang banyak asap rokoknya.

5. Stop mengonsumsi alkohol!

Selain memang haram hukumnya, alkohol juga buruk dampaknya. Banyak sekali dampak buruknya. Termasuk salah satunya, dapat menurunkan bahkan merusak kualitas dan kuantitas sperma.

Bukan hanya itu, tetapi juga hormon testosteron pun jadi rendah. Bahkan, bisa mengalami disfungsi ereksi. Hingga yang parahnya menjadi mandul.

Kalau sudah seperti itu, amat sulit untuk diatasi, nyaris mustahil. Makanya persoalan alkohol ini amat sangat berbahaya. Sungguh-sungguh bahaya!

6. Jauhi narkoba!

Hindari penggunaan narkotika dan obat/bahan berbahaya. Ini pun sudah jelas hukumnya haram pula.

Selain soal keharaman, dampaknya sangat banyak bahayanya juga. Termasuk, bisa mengganggu tingkat kesuburan pria. Kokain dan ganja bisa menurunkan jumlah sperma, dan steroid anabolic bisa membuat testis menjadi kecil dan mengurangi produksi sperma.

7. Hati-hati terhadap bahan kimia tertentu yang berbahaya

Hati-hatilah terhadap bahan kimia tertentu yang dapat mengganggu kesuburan Anda. Seperti misalnya logam berat dan pestisida.

Bila hal tersebut sulit dihindari, kenakanlah perlengkapan tambahan agar terhindar dari hal-hal tersebut. Seperti misalnya masker, atau alat pelindung lainnya.

8. Baiknya hindari pakaian yang terlalu ketat

Hal ini ada kaitannya dengan poin nomor 3 di atas, terkait peredaran darah.

Celana yang ketat dapat menghambat peredaran darah ke sekitar paha dan alat vital. Sehingga, proses produksi sperma jadi terganggu. Akhirnya, kualitas dan kuantitasnya pun menurun.

Selain itu, dampak bahayanya apabila suhu di sekitar selangkangan menjadi sangat tinggi. Terutama skrotum (kantung buah pelir), kalau terlalu hangat bahkan panas, maka jumlah sperma akan berkurang.

9. Waspadai efek samping dari obat-obatan tertentu

Bisa jadi, kesuburan berkurang dikarenakan efek samping dari obat-obatan tertentu.

Misalnya, obat yang bisa mengurangi kesuburan pria, terlepas sedikit atau besar efeknya, yaitu:

  • obat untuk mengatasi pembesaran prostat
  • obat antibiotik
  • obat mag
  • terapi pergantian testosteron
  • kemoterapi dan obat kanker yang lain
  • steroid tertentu
  • dan beberapa obat resep yang lain

Itu misal saja yaa. Dan bisa jadi kalau hanya sekilas, tidak ujuk-ujuk langsung jadi kesuburan menurun drastis.

Tapi tetep ada baiknya tanyakan hal tersebut pada dokter atau apoteker, apakah ada efek samping yang cukup berdampak pada penurunan kesuburan atau tidak.

10. Redakan stress

Stress ini pun juga mengakibatkan banyak dampak buruk bagi kesehatan.

Kalau berkaitan soal kesuburan pria, stress dapat membuat perubahan hormon menjadi tidak normal. Sehingga, produksi sperma pun terganggu.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk coba berusaha meredakan stress tersebut. Seperti misalnya:

  1. Berolahraga
  2. Konsultasi dengan orang yang ahli persoalan Anda
  3. Berliburlah..
  4. Nikmati Me time
  5. Hindari kebiasaan tidak sehat
  6. Aktiflah untuk membantu dan memberikan manfaat pada orang lain
  7. Proporsionallah dalam bekerja, jangan berlebihan
  8. Senantiasa berfikir positif, hindari kebiasaan berprasangka negatif, apalagi yang tidak berdasar

11. Berdo’alah pada Allah

Tetaplah senantiasa meminta kepada Allah…

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

Robbi hablii minasholihiin

“Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.”

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Robbana hablana min azqajinaa wa zurriyatina qurrota’ayunin, waj’alna lil muttaqiina imaama.

“Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.”

 رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

Robbi hablii miladunka dzuriyyatan thoyyibatan innaka samii’uddu’aa

“Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.”


Nah, setidaknya, begitulah 11 cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kesuburan.

Sebelum mengakhiri pembahasan ini, perlu Anda ketahui, ada baiknya Anda coba untuk memeriksa diri ke dokter, klinik, atau tempat medis, spesialis, dan ahli lainnya. Agar bisa tahu fakta kesuburan Anda seperti apa. Apakah memang sangat tidak subur, atau sudah cukup subur.

Anda bisa mendapatkan profil kesehatan sperma Anda seperti apa. Berapa jumlahnya, bagaimana mobilitasnya, dan sebagainya.

Atau bisa jadi ternyata kenapa belum bisa membuat istri hamil, masalahnya bukan di sperma. Melainkan lebih karena varicocele (pembengkakan pembuluh vena pada testis), tumor, penyakit menular seksual (PMS), serta testis yang tidak turun. Di sejumlah kasus, pembedahan, pemberian obat, atau perubahan gaya hidup bisa mengatasi masalah dan meningkatkan kesuburan.

Terakhir… Sebenarnya, normalnya yang perlu kita lakukan adalah gaya hidup sehat sebagaimana biasanya dan seharusnya.

Paling ada beberapa kasus yang memang perlu ada treatment lain, seperti misalnya konsumsi obat, pembedahan, dan lainnya.

Tapi tetap pertama-tama coba biasakan gaya hidup sehat saja dulu. Bila memang gaya hidup kita sehat, insyaAllah tidak akan ada masalah pada kesuburan kita. Palingan agar bisa lebih ditingkatkan, kita coba tambah asupan nutrisi saja dari makanan dan minum sehat.

YUK USAHAKAN ANAK KITA MENJADI SHOLEH & SEHAT, DAMBAAN KELUARGA & PERADABAN! 😊

Dapatkanlah konten-konten ilmu parenting Islami melalui email Anda!

Daftarkan email Anda pada Newsletter Syi’ir!