32 Makanan Untuk Kesuburan Pria (Updated)

makanan untuk kesuburan pria

Salah satu penyebab utama susah hamil pada istri sehingga belum hadirnya keturunan dalam kehidupan rumah tangga adalah, masalah kesuburan.

Masalah seputar kualitas dan kuantitas sperma, hormon reproduksi, hingga kesehatan indung telur merupakan hal-hal yang bisa mempengaruhi pembentukan calon bayi.

Selama ini, sering dianggap istri yang tidak kunjung hamil itu dikarenakan memang si istri yang tidak sehat. Padahal, belum tentu juga, bisa jadi faktor penyebabnya karena si suami.

Menurut sebuah riset, sekitar 30% kasus sulit hamil dipengaruhi oleh masalah kesuburan pria.

Maka, pria pun perlu berusaha juga. Spermanya perlu dijaga ataupun ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya agar bisa berenang lebih kuat menuju indung telur.

Di artikel sebelumnya, kita sudah membahas cara meningkatkan kesuburan pria secara lengkap. Nah kali ini kita akan bahas hal serupa, namun lebih khusus cara-caranya dengan mengonsumsi makanan dan minuman tertentu.

Yang cukup diperlukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma agar kuat bergerak dan mampu melakukan pembuahan, adalah mineral dan vitamin. Setidaknya:

  • Antioksidan
  • Asam lemak omega 3
  • Folat
  • Seng
  • Selenium

Antioksidan

Antioksidan ini penting bagi tubuh, untuk menetralisir radikal bebas.

Sedangkan radikal bebas itu, berpotensi mengganggu proses pematangan sperma serta pembentukan bagian-bagian sperma.

Maka dari itu, pentingnya antioksidan, dia merupakan molekul yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi molekul lain. Oksidasi adalah reaksi kimia yang dapat menghasilkan radikal bebas, sehingga memicu reaksi berantai yang dapat merusak sel.

Makanan yang mengandung antioksidan adalah makanan yang mengandung vitamin C, vitamin E, dan vitamin A (dalam bentuk beta-karoten).

Nah, maka, insyaAllah antioksidan, dapat meningkatkan kualitas sperma dengan menurunkan jumlah radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan pada membran sel.

Biasanya, antioksidan banyak terdapat di sayuran dan buah-buahan.

Asam lemak omega-3

Pentingnya asam lemak omega-3 ini, dia bisa membantu meningkatkan aliran darah ke kelamin, dan meningkatkan jumlah sperma. Sebagaimana yang dijelaskan pada penelitian Human Reproduction, dilansir di menshealth.com.

Selain itu, ada juga penelitian lain dari Human Reproduction. Yakni, pria yang rutin mengonsumsi 75 gram kacang walnut per hari (yang notabene kacang walnut ini mengandung omega-3), maka kualitas spermanya menjadi lebih baik dan pergerakannya bagus, setelah 3 bulan.

Peneliti tersebut menduga, bahwa kandungan asam alfa-linoleat (ALA), salah satu jenis asam lemak omega-3, yang ada pada kacang walnut itulah yang berkhasiiat meningkatkan kualitas dari sperma pria tersebut.

Folat

Folat ini juga sedikit atau banyak, penting untuk menjaga kualitas dan kuantitas sperma. Meski banyak yang berpendapat, bahwa dampaknya hanya sedikit saja sepertinya.

Biasanya, folat ini banyak terdapat pada sayuran berdaun hijau.

Seng dan selenium

Pria yang kekurangan kadar seng dan selenium, dapat mengakibatkan kualitas spermanya memburuk. Lebih tepatnya, rendahnya kemampuan pergerakannya (mobilitas).


Nah, maka, apa saja makanan dan minuman yang mengandung nutrisi tersebut, yang notabene baik untuk kesuburan Anda?

Berikut ini dia.

1. Alpukat

buah untuk kesuburan

Avocado memang merupakan buah yang bagus untuk kesuburan.

Selain mengandung vitamin B6 yang bagus untuk hormon pria, alpukat juga mengandung betakaroten, klorofil, vitamn A; D; E; B kompleks, dan asam folat yang dapat meningkatkan energi dalam tubuh.

Cara konsumsinya seperti biasa saja. Boleh dijadikan jus, boleh langsung, atau dijadikan sayur juga bisa.

Palingan, sebaiknya jangan dicampur susu. Seperti misalnya, mohon maaf, sop buah gitu. Karena nanti bisa mengganggu kualitas nutrisinya.

2. Aprikot

Kalau buah aprikot ini, dia bagus antioksidannya.

Menurut Sydney Morning Herald, hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Ecology Letters membuktikan, bahwa buah aprikot ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Kalau berkaitan dengan kesuburan pria, ada juga sebuah penilitian di University of Western Australia (UWA) dan Monash University. Dari situ, ditemukan bahwa pria yang rutin mengonsumsi aprikot dan buah mangga, spermanya bisa menguat, sehingga tingkat kesuburannya cukup tinggi.

3. Asparagus

makanan sehat untuk kesuburan pria

Asparagus mengandung asam amino asparagines, yang membantu:

  • membuang sisa metabolisme dalam ginjal.
  • melepas lemak dalam dinding pembuluh darah.

Sehingga, hormon reproduksi pria dapat meningkat.

Tidak heran, asparagus ini dijuluki sebagai makanan sehat untuk kesuburan pria.

4. Ayam

Ayam, dapat memberikan asam amino L-Agrinine, dan seng.

L-Arginine itu asam amino yang banyak ditemukan di kepala sperma, dan memiliki sejumlah nutrisi yang penting untuk produksi sperma.

Lebih disarankan jenis ayamnya adalah ayam kampung. Dan juga, hati-hati terhadap ayam potong yang sudah diberikan obat hormon.

5. Bayam

Bayam termasuk salah satu makanan yang mengandung asam folot cukup tinggi.

InsyaAllah, asam folat yang ada di pada bayam ini bisa memperbaiki struktur sperma dan memperbanyak jumlahnya.

Selain itu, secara tidak langsung, zat besi pada bayam bisa membantu daya tahan tubuh tetap kuat. Jadi, otomatis, kesuburannya pun normal.

Cukup dengan 2-3 porsi dalam seminggu, bisa mendongkrak stamina tubuh pula.

6. Bawang Putih

Bawang putih sudah lama terkenal sebagai obat ataupun suplemen yang mampu membantu mengatasi masalah peredaran darah.

Bawang putih ini dia mengandung selenium. Selain itu, dia juga mengandung alisin, yang berkhasiat meningkatkan aliran darah ke organ seksual, serta melindungi sperma dari kerusakan. Jadi cukup penting memang.

7. Brokoli

Keunggulan brokoli ini ada pada vitamin A-nya, 623 IU (per 100 gram brokoli). Sekalian sebagai antioksidan juga.

Kekurangan vitamin A, dapat membuat pergerakan sperma melambat. Sehingga wajar, istri pun sulit hamil.

Maka dari itu, pastikan Anda mendapatkan vitamin A yang cukup.

Selain vitamin A, dia juga ada 0,2 mg vitamin B6, dan asam folat.

8. Coklat Hitam

Nah, yang ini mungkin yang enaknya nih, hehehe…

Tapi perlu diperhatikan baik-baik, ini coklatnya coklat hitam yang asli yaa. Dark chocolate yang original. Baiknya jangan yang sudah dicampur susu, gula, dan sebagainya. Dark chocolate ini biasanya dijual di toko-toko bahan kuat.

Coklat hitam mengandung ckup banyak antioksidan polifenol, flavanol, dan katekin yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas.

9. Daging Sapi

Daging sapi termasuk sumber seng dan selenium yang bagus.

Namun meski begitu, tetap pastikan pilih daging sapi maupun sajian daging sapi yang rendah lemak.

10. Ginseng dan Jahe

obat kesuburan pria

Ginseng dapat membentuk hormon testosteron lebih baik dan memperbaiki metabolisme tubuh.

Sedangkan sineol dalam jahe, membantu mencegah ejakulasi dini dan melancarkan peredaran darah.

11. Ikan Salmon

Ikan salmon terkenal kaya akan omega-3-nya.

Karena konteks pembahasannya kita soal makanan untuk kesuburan pria, maka sebenarnya selain omega-3-nya, ada juga seng dan kalium yang bisa kita dapatkan dari ikan salmon ini. Sehingga insyaAllah dan membantu lancarnya aliran darah juga.

12. Jambu Biji

Jambu biji ini banyak mengandung likopen.

Likopen itu apa? Likopen itu bisa termasuk antioksidan.

Beberapa studi melaporkan, bahwa jenis makanan untuk kesuburan pria yang sangat bagus adalah yang mengandung banyak likopen, yakni antioksidan pemberi warna cerah pada beberapa buah dan sayuran.

Sesudah berada pada pencernaan, tubuh akan menyerap sekitar 20% – 30% dari keseluruhan likopen yang masuk, lalu disebar ke beberapa bagian tubuh. Termasuk salah satu bagian yang paling banyak mendapat jatah likopen adalah testis, yakni tempat produksi sperma.

Maka dari, penting likopen ini.

13. Jeruk

Jeruk juga ada folatnya.

Kalau berkaita bagusnya jeruk untuk kesuburan dan ketahanan saat bercinta, pernah dijelaskan oleh Emma Cannon, seorang ahli terapi hubungan suami-istri.

14. Kacang Hijau dan Kecambah

makanan untuk kesuburan

Kacang hijau dan kecambah mengandung vitamin E dan B6 yang baik untuk hormon reproduksi.

Selain itu, ia juga banyak mengandung protein, dan cukup antioksidan.

Maka dari itu, ia sangat baik untuk kesuburan Anda.

Sebaiknya konsumsi dua makanan tersebut dalam kondisi yang tidak terlalu matang.

15. Kacang Walnut

Walnut termasuk sumber omega-3 yang baik.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Dr.Allan Pacey, seorang dosen senior bidang andrologi dari Universitas Sheffield, menemukan bahwa pria yang mengasup walnut selama 12 minggu mengalami peningkatan kekuatan, pergerakan, serta bentuk pada spermanya.

Terlebih, Anda bisa memposisikannya sebagai cemilan. Karena kebanyakan sumber omega-3 bentuknya lauk yang biasa dimakan bersama nasi.

16. Kentang

Kentang juga ada folat yang cukup, sebagaimana jeruk yang kita bahas sebelumnya.

Kalau jeruk bisa dikonsumsi sebelum atau sesudah makan nasi, maka Anda bisa mendapatkan folat lebih lagi bila saat makan nasi juga pakai kentang.

17. Kepiting

Kepiting pun termasuk salah satu sumber omega-3 yang bagus.

Malahan bukan hanya omega-3, banyak juga kandungan lainnya yang bermanfaat untuk kesubuan pria. Dia ada juga Vitamin B-12, Protein, Seng, dan mineral Selenium.

Tapi pastikan Anda tetap memperhatikan kadar kolestrol tubuh Anda. Jangan terlalu banyak dikonsumsi, karena kandungan kolesterolnya cukup banyak. Ada sekitar 53 mg kolsterol per 100 gram kepiting.

Disarankan untuk mengkonsumsinya tidak lebih dari 300 mg per hari.

18. Kurma

buah untuk kesuburan pria

Senyawa seperti estradiol dan flavonoid dalam buah kurma sudah dipercaya dapat meningkatkan kualitas dan produksi sperma.

Buah kurma ini juga bisa meningkatkan kualitas sperma, melalui peran aktif dari zat besi yang terkandung di dalamnya.

Pun, serbuk dalam kurma dapat membantu mengatasi kemandulan pada laki-laki dan perempuan.

Serbuk kurma aman dikonsumsi setiap hari.

Kalau berkaitan dengan kesuburan pria, lebih diutamakan kurma merah.

19. Lobak hijau

Lobak hijau banyak mengandung folat atau vitamin B9. Sangat penting untuk kualitas dan kuantitas sperma.

Silahkan Anda coba masukkan dalam menu makanan Anda.

20. Madu Subur Pria

madu kuat lelaki

Madu Subur Pria ini berkhasiat bagi Anda untuk:

  • mengatasi kemandulan,
  • mengentalkan sprema,
  • menjaga sprema lebih berkualitas,
  • untuk ketahanan tubuh,
  • dan insya Allah ampuh untuk membantu Anda mendapatkan keturunan.

InsyaAllah ampuh dan aman dikonsumsi, tanpa efek samping. Lantaran komposisiya adalah:

  • madu hutan,
  • ekstrak sari kurma,
  • serbuk pucung bunga kurma madinah
  • dan ekstrak kemangi.

Nah, cobalah ini. Madu Subur Pria. InsyaAllah, mampu membantu meningkatkan kualitas sperma Anda. Anda bisa membeli Madu Subur Pria ini di Syi’ir Store.

Alhamdulillah sudah ada beberapa yang konsumsi ini, kemudian atas izin Allah istrinya berhasil hamil.

21. Pepaya

Penjelasan pepaya ini sama seperti penjelasan jambu biji sebelumnya. Pepaya ini mengandung banyak likopen.

Tapi justru pepaya ini lebih kaya kandungannya. Dia mengandung berbagai jenis enzim, vitamin dan mineral. Kandungan vitamin A -nya lebih banyak dari wortel, vitamin C-nya lebih tinggi daripada jeruk, kaya pula dengan vitamin B kompleks dan vitamin E.

Vitamin C-nya cukup menarik perhatian. Soalnya; kualitas, kuantitas, dan gerak kehidupan sperma dapat diperbaiki dengan meningkatkan konsumsi vitamin C sampai 500 mg per hari.

22. Pisang

Titik penting pada pisang bagi kesuburan pria ada pada kandungan vitamin A, B, C, enzim bromelain, dan kaliumnya.

Vitamin B dan enzim bromelain berkhasiat untuk membantu meningkatnya libido pria dan mengatur hormon seks. Sehingga, gairah seksual pria pun bisa meningkat.

Selain itu, kaliumnya pun untuk melancarkan peredaran darah.

23. Produk Susu

makanan untuk kesuburan pria dan wanita

Susu, dan berbagai olahannya seperti keju dan yoghurt, mengandung banyak protein yang penting untuk kesuburan.

Jika Anda alergi dengan susu sapi, Anda bisa mencoba susu kambing.

Atau kalau kurang cocok juga dengan susu kambing, bisa dengan susu kedelai yang memiliki kandungan protein hampir setara.

Selain protein, kandungan sengnya juga penting.

Karena kekurangan protein dan seng akan membuat sperma melemah, tidak kuat pergerakannya. Maka, beruntunglah hanya dengan susu, kita bisa dapat protein dan seng sekaligus.

24. Roti

Roti merupakan sumber selenium yang bagus juga. Bermanfaat untuk menguatkan mobilitas sperma juga.

Selain itu, gandum pada roti juga baik untuk menjaga berat badan Anda. Karena sebagai yang sudah kita bahas pada artikel Penyebab Susah Hamil, kalau berat badan berlebih (obesitas) juga dapat menghambat proses kehamilan.

25. Semangka

Semengka termasuk yang cukup mengandung likopen, seperti jambu biji dan pepaya yang sebelumnya sudah kita bahas.

Tapi dia juga banyak mengandung vitamin. Ada vitamin C, vitamin A, dan juga vitamin B6. Pentingnya juga sudah kita bahas pada poin sebelum-sebelumnya.

26. Softgel Omega-3

Nah, kalau ini suplemen berupa softgel minyak ikan yang bisa langsung Anda dapatkan tanpa melalui makanan maupun minuman tertentu.

Anda bisa membeli Omega-3 EPA & DHA ini di Syi’ir Store.

27. Teh

minuman untuk kesuburan

Teh mengandung antioksidan yang dapat mencegah oksidasi dalam tubuh.

Perlu diketahui, oksidasi dapat menyebabkan rusaknya sel-sel penting dalam tubuh, dan teh berfungsi untuk menghambat perusakan itu.

Yah, teh memang cocok untuk Anda jadikan minuman rutin demi kesuburan Anda.

Meskipun begitu, tetap pastikan dosisnya wajar. Karena teh juga ada ada kafeinnya, sedangkan kafein dalam dosis tinggi dapat memicu naiknya radikal bebas pada tubuh.

28. Telur

Telur memang tidak secara langsung dapat meningkatkan kesuburan pria sebagaimana gosip yang beredar, karena memang belum ada informasi ilmiahnya.

Tapi sebagaimana beberapa makanan yang disebutkan di atas, setidakya kandungan-kandungan pada telur dapat merawat dan juga meningkatkan nilai sperma.

Seperti misalnya kandungan seng, dan seleniumnya. Apalagi protein dan vitamin E-nya yang cukup tinggi.

29. Tiram Laut

makanan penambah kesuburan pria

Tiram laut memiliki zat seng yang diperkaya dengan L-carnitine. L-arginine yang mendorong produksi dan kualitas sperma, sehingga volume sperma saat ejakulasi meningkat.

Perannya mirip seperti ayam yang sebelumnya sudah kita bahas. Asam amino L-arginine dan seng-nya yang perlu.

30. Tomat

Kalau tomat, dia unggul di antioksidan likopennya juga. Seperti aprikot, jambu biji, pepaya, dan semangka yang sebelumnya sudah kita bahas di atas.

Jadi antioksidannya cukup kuat juga. Sehingga, insyaAllah dia bisa membantu memperbaiki struktur dan jumlah sperma.

Kebetulan barangkali kita semua sudah biasa mengonsumsi tomat ini bersama lauk lainnya. Tapi boleh juga dengan cara lain, seperti dimakan langsung, dibuat jadi jus, dan sebagainya.

31. Udang

Kalau udang, dia cukup banyak sengnya.

Selain sengnya, proteinnya juga cukup sering dicari.

32. Wortel

Terakhir, wortel.

Sudah cukup terkenal, bahkan oleh anak-anak, bahwa wortel ini kaya akan vitamin A, yang kemudian bagus buat mata.

Selain buat mata, vitamin juga penting guna mobilitas sperma. Seperti yang sudah kita bahas pada bayam dan brokoli di atas. Kalau kekurangan vitamin A, maka sperma bisa melamban geraknya.


Rekapan

Bila kita rekap, dan klasifikasikan berdasarkan nutrisinya, maka:

Yang mengandungkan antioksidan:

  1. Alpukat
  2. Aprikot
  3. Asparagus
  4. Bayam
  5. Brokoli
  6. Coklat hitam
  7. Jambu biji
  8. Pepaya
  9. Pisang
  10. Semangka
  11. Tomat
  12. Wortel

Yang mengandung asam omega 3:

  1. Ayam
  2. Ikan salmon
  3. Kacang walnut
  4. Kepiting
  5. Lemak ikan

Yang mengandung folat:

  1. Alpukat
  2. Asparagus
  3. Bayam
  4. Brokoli
  5. Jeruk
  6. Kentang
  7. Lobak hijau
  8. Sayuran berdaun hijau lainnya

Yang mengandung seng:

  1. Ayam
  2. Daging sapi
  3. Kepiting
  4. Produk susu
  5. Telur
  6. Tiram
  7. Udang

Yang mengandung selenium:

  1. Bawang putih
  2. Daging sapi
  3. Ikan
  4. Kepiting
  5. Roti
  6. Telur

Nag, begitulah terkait beberapa makanan yang patut dicoba untuk meningkatkan kesuburan pria. Semoga bermanfaat yaa..

Sumber gambar: Pixabay.

YUK USAHAKAN ANAK KITA MENJADI SHOLEH & SEHAT, DAMBAAN KELUARGA & PERADABAN! 😊

Dapatkanlah konten-konten ilmu parenting Islami melalui email Anda!

Daftarkan email Anda pada Newsletter Syi’ir!