5 Pantangan Makanan yang Dilarang untuk Ibu Menyusui

Masa-masa menyusui adalah waktu yang sangat berkualitas bagi ibu dan tumbuh kembang bayi. Tentunya ibu tidak ingin jika proses alamiah yang menyenangkan tersebut terganggu hanya karena hal-hal sepele, seperti pola makan yang salah. Maka dari itu, sebetulnya ada sebagian pantangan makanan yang dilarang untuk ibu menyusui.

Pada dasarnya, ibu menyusui diperkenankan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman apapun, selama tidak membahayakan kesehatan dirinya dan sang bayi. Namun, ada beberapa jenis makanan yang jika dikonsumsi akan menimbulkan efek tertentu yang kurang bagus untuk kelancaran ASI, sehingga sebaiknya dihindari

Berikut ini 5 makanan dan minuman yang menjadi pantangan dan dilarang bagi ibu menyusui.

1. Makanan yang Rasanya Pedas

 Makanan pedas seperti sambal sejatinya tidak berpengaruh ke ASI, dalam pengertian ASI tidak akan berubah menjadi pedas. Namun, mengkonsumsi makanan pedas seringkali menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare, sehingga ibu menyusui sebaiknya menjauhi makanan yang pedas.

2. Makanan dan Minuman yang Dingin

Makanan dan minuman yang terlalu dingin juga kurang bagus untuk ibu menyusui, mengingat makanan tersebut dapat menyebabkan pilek, flu, hingga demam. Tentu proses menyusui menjadi kurang nyaman jika ibu mengalami sakit.

3. Makanan dan Minuman yang Mengandung Kafein

 Kopi dan coklat sebenarnya boleh dikonsumsi selama menyusui, hanya saja dengan porsi yang amat dibatasi. Kafein dapat menyebabkan ibu menjadi sulit tidur, yang akan menular ke bayi sehingga mempengaruhi masa istirahat dan tumbuh kembangnya.

4. Kol Kubis

 Kol kubis sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan perut kembung. Meskipun sebenarnya gas dari kol kubis tidak disalurkan langsung ke ASI, namun perut kembung yang dialami ibu dapat mengganggu proses menyusui dan bayi akan gelisah.

5. Alkohol

Tidak hanya bagi ibu menyusui, alkohol pun sebenarnya tidak sehat untuk tubuh manusia secara umum. Alkohol dapat merusak liver serta menurunkan fungsi organ-organ tubuh secara perlahan-lahan. Khusus untuk ibu menyusui, alkohol dapat membuat kelancaran ASI jadi terhambat sehingga bayi tidak mendapat cukup nutrisi.

Lagian kalau haram ngapain dikonsumsi, ya kan?

Begitulah.. Selain lima jenis makanan yang dilarang untuk ibu menyusui di atas, makanan-makanan lain boleh dikatakan layak untuk dikonsumsi. Sebaiknya ibu menyusui lebih banyak memakan sayur, buah, susu, telur, serta kacang-kacangan. Jika makanan yang dikonsumsi bergizi seimbang, tentu bayi juga akan mendapat nutrisi yang mencukupi.

Sumber gambar: Pixabay