8 Penyebab Anak Kurus dan Berat Badannya Susah Naik… 😟

penyebab anak kurus

Terkadang memang kurang enak rasanya melihat anak-anak kita yang sangat kurus. Sementara, anak-anak lain seusianya nggak sekurus begitu. Agak mendingan gemuk.

Padahal, anak kita makannya sudah cukup banyak ya kan? Tapi kenapa seperti berat badannya susah naik?

Apakah Anda juga merasakan hal yang demikian? Kira-kira apa ya penyebabnya?

Nah, sebelum kita bahas apa penyebab anak kurus, ada baiknya Anda ketahui dulu berapa berat badan ideal anak seusianya. Sebagaimana yang sudah kita bahas pada artikel kemarin.

Agar kita tahu, apakah sebenarnya berat badan anak Anda sudah pas, atau memang masih kurang.

 

Kalau memang berat badan anak Anda sudah di situ, berarti sebenarnya anak Anda tidak termasuk yang kekurusan. Alhamdulillah sudah cukup ideal berarti. Jadi Anda nggak mesti khawatir bahwa anak Anda sepertinya kurus sekali.

Namun, kalau masih jauh di bawah tersebut, ada baiknya Anda berusaha menaikkan berat badan anak Anda tersebut.

Nah, kira-kira, apa ya penyebabnya kenapa bisa ada anak yang susah gemuk seperti itu? Sudah lama rutin ditimbang, tapi kok berat badannya segitu-gitu saja? Padahal sudah banyak makan lagi?

Berikut ini 8 penyebabnya.

1. Karena anak susah makan

Ini merupakan logika sederhana yang menjadi penyebab anak kurus.

Susah makan, maka wajar ia jadi susah gemuk.

Terkait alasan susah makan sendiri ini karena apa, sebelumnya sudah pernah kita bahas pada artikel “7 Penyebab Anak Susah Makan, yang Harus Diketahui Orang Tua”.

2. Bukan sekadar karena kurang makan, tapi karena kurang nutrisi tertentu

Meskipun di artikel ini kita akan bahas ada 7 penyebab, namun biasanya yang urgen adalah 1 poin pertama ini. Yakni, kurang nutrisi. Ini kuncinya.

Terkadang banyak yang mengira, pokoknya banyak makan saja, maka anak bisa gemuk. Padahal, belum tentu. Yang lebih penting itu nutrisi.

Sekiranya banyak makan tapi makanan-makanan tersebut minim nutrisi, maka tentu tak bisa diharapkan ia bisa tumbuh gemuk.

Apalagi, mohon maaf, apabila makanan yang banyak dimakannya adalah jajanan-jajanan yang rendah nutrisinya. Bahkan patut khawatir bila kita tidak tahu kandungan cemilan jajanan itu apaan sih.

Ada baiknya Anda selektif memilih jajajan dan cemilan yang baik untuk anak-anak Anda. Jangan yang asal enak dan suka.

Nah, setidaknya, biasanya berikut nutrisi dan gizi yang penting untuk didapatkan anak agar insyaAllah ia bisa tumbuh gemuk sehat:

  • Karbohidrat
  • Protein
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Vitamin
  • Mineral
  • Cukup minum air

Untuk yang karbohidrat, makanan pokok untuk tenaga dan yang biasa bikin kenyang. Seperti nasi, roti, mie, kentang, dan sebagainya.

Untuk protein, misalnyaΒ yang lauk hewani itu; ayam, bebek, daging sapi, ikan, susu, dan telur. Yang lauk nabati;Β kacang hijau, kadang kedelai, kacang merah, susu kedelai, tahu, dan tempe.

Untuk vitamin dan mineral, bisa dari buah-buahan.

Untuk yang lebih detailnya, makanan-minuman apa saja yang bagus untuk menaikkan berat badan anak Anda agar ia gemuk, insyaAllah akan kita bahas di artikel selanjutnya.

Nah, bila nutrisi dan gizi tersebut kurang, barangkali itulah penyebab anak kurus susah naik berat badannya.

3. Karena dulu kurang ASI

Ini pun berkaitan dengan nutrisi. ASI merupakan sumber nutrisi terbaik bagi bayi. Maka, biasanya, ada beberapa bayi yang tidak gemuk. Atau, kalaupun lumayan gemuk, tapi masih kalah gemuknya dengan bayi lainnya yang rutin minum ASI.

4. Karena dia cukup aktif, namun nutrisinya tetap masih kurang

Ini juga masih berkaitan dengan nutrisi.

Sebenarnya, anak yang aktif itu sangatlah bagus. Merupakan salah satu tanda ia sehat.

Namun, pastikan ia mendapatkan nutrisi yang cukup. Apabila dia sangat aktif, namu nutrisinya tidak cukup, maka dia akan mengalami berbagai gangguan hingga penyakit.

5. Karena sedang sakit

Nah ini nih yang penting Anda perhatikan baik-baik:

Penambahan berat badan itu terjadi apabila jumlah energi dari makanan yang dikonsumsi, lebih banyak dibandingkan jumlah energi yang dibutuhkan tubuh untuk metabolisme basal (kerja organ dalam tubuh), aktivitas fisik, mencerna makanan dan pertumbuhan.

Maka, tatkala anak sakit atau infeksi, tubuh akan memecah lebih banyak energi, sehingga berat badan akan berkurang apalagi bila konsumsi makanannya sedikit atau tidak ada.

6. Karena ada gangguan pada sistem pernafasan

Penyebab lainnya adalah, tidak normalnya jantung dan sistem pernapasan. Sehingga, mengakibatkan gangguan distribusi oksigen dan nutrisi pada seluruh tubuh.

7. Karena faktor genetik, memang begitu

Sebelum Anda merasa heran kenapa anak Anda kurus, coba cek anggota keluarga Anda, apakah yang lain justru pada gemuk atau susah kurus juga?

Kalau memang banyak yang susah kurus, bisa jadi, itu indikasi bahwa anak Anda kurus karena faktor gen. Apalagi kalau yang lain saat masih kecilnya juga kurus begitu.

8. Karena ia tidak dipahamkan hal-hal ini

Terakhir, ada baiknya Anda juga memahamkan pada anak Anda, bahwa pentingnya memiliki berat badan ideal agar insyaAllah tetap sehat. Serta, bagus juga penampilan apabila tidak terlalu kurus.

Setelah itu, pahamkan ia hal-hal yang bisa membuat berat badannya susah naik, dan hal-hal yang bisa membuat berat badannya susah naik. Termasuk makanan-minuman yang menyehatkan dan kurang menyehatkan, itu sebaiknya anak juga paham.

Meski memang tak mesti detail dan terlalu mendalam. Apalagi karena memang ia masih anak-anak, belum tentu bisa paham detail dan mendalam.

Pun meski memang sulit dan belum tentu berhasil, tapi paling tidak berusaha dipahamkan saja. InsyaAllah pada sebagian hal, dia bisa mengerti.


Setidaknya, begitulah8 penyebab kenapa anak Anda berat badannya susah naik, sehingga terlihat sangat kurus.

Terus, kalau sudah tahu penyebabnya, solusinya apa dong?

Nah, insyaAllah pada artikel berikutnya, kita akan membahas solusinya. Terkait, bagaimana cara menaikkan berat badan anak agar insyaAllah ia bisa gemuk.

YUK USAHAKAN ANAK KITA MENJADI SHOLEH & SEHAT, DAMBAAN KELUARGA & PERADABAN! 😊

Dapatkanlah konten-konten ilmu parenting Islami melalui email Anda!

Daftarkan email Anda pada Newsletter Syi’ir!